Jeruk Nipis: Ciri-ciri, Khasiat, Manfaat Beserta Kandungan yang Ada di dalamnya

Citrus Aurantium atau yang biasa kita kenal sebagai jeruk nipis, ternyata memiliki manfaat yang paling banyak jika dibandingkan dengan 1.300 jenis jeruk lainnya.

Jeruk nipis sendiri sudah dipercaya sebagai bahan dasar ramuan obat kecantikan tradisional Indonesia. Hampir dari seluruh ramuan kecantikan yang ada, membutuhkan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya. Baik itu buah maupun daunnya.

Pada umumnya, buah jeruk sangat kaya akan mineral dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Penelitian mencatat bahwa didalam 100g jeruk nipis mengandung 51 Kal kalori, 0,9 Protein, 0,2g Lemak, 11,5g Karbohidrat, 33 mg Kalsium, 0,5g Mineral, Fosfor 23 mg, 0,4 mg zat besi serta 49mg asam askorbat.

Selain mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jeruk nipis juga ternyata mengandung asam amino, asam sitrat (lisin dan tirptofan), minyak atsiri, atsiri (sitral, limonen, lemon kamfer,felandren, kadinen, gerani-lasetat, nildehid ,linali-lasetat, aktilaldehid), damar, asam sitrun glikosida, kalsium, lemak, fosfor, besi, vitamin B1 dan belerang.

Sedangkan daun dan bunganya juga mengandung minyak terbang. Berikut klasifikasi ilmiahnya:

  • Nama Ilmiah: Citrus Aurantium.
  • Species : C. Aurantifolia.
  • Genus : citrus.
  • Family : rutaceae.
  • Ordo : sapindales.
  • Kelas : magnoliopsida.
  • Divisi : magnoliophyta.
  • Kerajaan : plantae.

Ciri-ciri Tanaman Jeruk Nipis

Perlu anda ketahui, bahwasannya jeruk nipis memiliki berbagai cirikhas tertentu. Sebagai pengetahuan, berikut akan kami bahas secara terperinci.

Bunga

Bunga yang dimiliki tanaman jeruk nipis termasuk ke dalam kategori majemuk atau tunggal. Selain itu, bunga jeruk nipis ini terletak pada ketiak atau ujung batang. Bunga tersebut memiliki diameter antara 1,5 hingga 2,5 centimeter dan kelopaknya berbentuk mangkok.

Buah

Tentunya, bentuk buah jeruk nipis sendiri sudah sangat familiar di kalangan masyarakat di Indonesia. Jeruk yang biasa digunakan sebagai obat batuk ini memiliki tekstur warna kulit yang hijau pekat (akan menguning ketika tua). Biji yang ada di dalamnya berwarna putih dan berbentuk bulat seperti telur.

Biji

Buah Jeruk nipis memiliki banyak sekali biji di dalamnya. Bentuknya kecil-kecil, licin dan berbentuk seperti telur. Biji jeruk nipis ini juga memiliki lapisan kulit luar dan dalam (testa dan tegmen).

Daun

Daunnya termasuk kedalam kategori majemuk. Berntuknya elips atau bulat telur, ujung tumpul, pangkal membulat dan tepi beringgit. Panjangnya sekita 2,5 hingga 9 Centimeter dengan lebar 2 hingga 5 centimeter. Pertulangan yang ada pada daun ini termasuk kedalam kategori menyirip. Ukuran tangkainya antara 2 hingga 25 mm. Bersayap dan berwarna hijau.

Batang

Batang tanaman buah jeruk nipis termasuk kedalam kategori berkayu. Diameternya bulat dan dilengkapi dengan duri-duri. Ia juga memiliki tekstur warna kulit yang putih agak kehijau-hijauan.

Akar

Akar tanaman jenis ini termasuk kedalam kategori akar tunggang. Bentuknya bulat dan berwarna putih kekuning-kuningan.

Kandungan Jeruk Nipis

Tahukah anda? Bahwasannya jeruk nipis termasuk kedalam varian jeruk yang berukuran kecil. Warna hijau yang ada pada kulit buah ini juga sudah sangat akrab dengan para ibu rumah tangga. Hal ini karena jeruk nipis sendiri sering dijadikan sebagai bumbu-bumbu di dalam masakan.

Air yang yang terkandung di dalam buah ini juga biasa digunakan untuk menteralisir bau amis yang terdapat pada beberapa makanan. Tapi siapa sangka, ternyata banyak sekali khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh jeruk nipis.

Lalu apa sajakah khasiat dan manfaat tersebut? Sebelum melangkah ke pembahasan yang lebih lanjut, alangkah baiknya kita untuk mengetahui kandungan yang ada pada jeruk nipis terlebih dahulu.

Serat dan Kalori

Tahukah anda? Bahwasannya di dalam satu cangkir air perasan jeruk nipis mengandung 0,17g lemak dan 1g Protein. Hal ini menandakan bahwasannya kandungan tersebut sudah mencapai 2 persen dari nilai harian yang dibutuhkan oleh tubuh kita (ukuran versi Amerika Serikat Food and Drug Administration bedasarkan diet 2.000 kalori per harinya).

Tak hanya itu, di dalam satu cangkir tesebut juga ternyata mengandung sekitar 20g Karbohidrat, 1g Serat dan 60 Kalori. Lemak yang terkandung di dalam jeruk nipis pun merupakan lemak yang terbebas dari kolesterol.

Kandungan Micronutrient

Jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Di dalam satu cangkir air jeruk nipis segar, terdapat 73 miligram vitamin C. Dengan demikian, kandungan tersebut sudah melebihi 100 persen kebutuhan nilai harian tubuh.

Vitamin C ini sangat berguna untuk proses pengembangan jaringan ikatan tubuh, penyembuh luka dan juga sebagai pendukung kekebalan dinding pembuluh darah.

Kaya Akan Flavonoid

Flavonoid adalah pigmen yang akan memberikan warna pada tumbuhan. Buah yang kaya akan flavonoid akan berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, begitupun jeruk nipis.

Antioksidan tersebut akan membantu organ tubuh anda dari segala macam serangan radikal bebas. Lalu apa sih sebenarnya radikal bebas itu? Radikal bebas adalah molekul-molekul dalamĀ  tubuh yang tidak stabil dan bisa merusak segala sel-sel sehat.

Linus Puling Institute berpendapat bahwasannya dengan mengkonsumsi banyak buah yang mengandung flavonoid akan mengurangi resiko terkena berbagai penyakit seperti: Penyakit saraf degeneratif (Parkinson dan Alzheimer), kardiovaskular dan beberapa penyakit kanker tertentu.

Asam Sitrat

Asam sitrat adalah salah satu kandungan yang membuat rasa jeruk ini menjadi asam. Tak hanya rasa asam, ia juga memberikan beberapa perlindungan terbaik bagi tubuh.

Di dalam sebuah studi dapat disimpulkan, ternyata kandungan asam sitrat yang ada pada buah jeruk nipis mampu mengurangi penyebaran bakteri berbahaya. Selain itu, asam sitrat yang ada pada buah jeruk nipis ini juga sangat efektif mencegah infeksi dari beberapa bakteri tertentu.

Kandungan Mineral

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah zat mineral sehat seperti tembaga, kalium, besi dan kalsium. Zat-zat inilah yang nantinya menjadi komponen yang paling penting dalam membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis memiliki beragam manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Entah itu sebagai obat dalam maupun luar. Setelah mengetahui berbagai kandungan yang ada pada buah jeruk nipis, selanjutnya mari kita cari tahu apa sajakah manfaat dan khasiat yang bisa kita ambil dari satu buah jeruk nipis. Berikut ulasannya.

Terhadap Pencernaan

Jeruk nipis mempunyai aroma yang sangat kuat sehingga membantu menyegarkan bau mulut. Tak hanya itu, aroma kuat ini selanjutnya akan merangsang produksi air liur sehingga air liur tersebut dapat berguna bagi kesehatan pencernaan.

Guna air liur disini ialah sebagai pemecah molekul makro makanan. Selanjutnya senyawa flavonoid yang ada pada cairan jeruk nipis akan merangsang sistem dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan tubuh. Selain itu juga flavonoid akan merangsang gerak peristaltik, asam dan empedu.

Dengan demikian, sering-seringlah mengkonsumsi acar jeruk nipis baik itu ketika makan siang dan malam. Kebiasaan tersebut sudah dilakukan oleh masyarakat India dan berbagai negara-negara yang ada di sekitarnya

Mencegah Diabetes

American Diabetes Asociation mengungkapkan bahwasannya buah jeruk (khususnya jeruk nipis) dianggap sebagai makanan suplemen bagi penderita diabetes.

Serat larut yang ada pada jeruk nipis berfungsi sebagai pembantu proses pencernaan makanan yang ideal. Ia juga akan mengatur proses penyerapan gula ke dalam aliran darah serta membatasi terjadinya lonjakan-lonjakan gula darah yang menjadi resiko serius bagi para pasien diabetes.

Selain manfaat efek serat larutnya, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya mempunyai kandungan indeks glikemik yan rendah. Itu berarti buah jeruk nipis tidak akan membuat lonjakan besar dalam kadar glukosa.

Mencegah Penyakit Jantung

Serat larut yang telah dijelaskan sebelumnya (menurunkan kadar gula darah) akan membuat tekanan darah semakin rendah. Ia juga akan menghilangkan keberadaan Kolestrertol LDL (kolesterol yang buruk).

Kemudian, zat larut tersebut akan turut mengurangi peradangan yang ada pada pembuluh darah. Peradangan tersebut akan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan jantung serta akan memacu timbulnya stroke.

Gangguan Pernapasan

Minyak flavonoid yang terkandung di dalam jeruk nipis secara umum telah dijadikan sebagai ramuan obat-obatan tradisional. Diantaranya sebagai obat anti kongestif seperti alat penguap, Balm dan inhaler (karena mengandung kaempferol).

Jika anda merasakan sesak di dada. Anda hanya perlu menghirup aroma minyak jeruk nipis. Niscaya hal tersebut akan mampu menghilangkan rasa mual dan sesak.

Mencegah Radang Sendi

Salah satu dari sekian banyak faktor yang menyebabkan munculnya radang sendi ialah penumpukan asam urat pada tubuh.

Asam urat merupakan produk limbah dari buang air kecil. Normalnya, Asam urat ini sebagai pembersih bagi tubuh. Akan tetapi, jika terlalu banyak mengandung zat tersebut maka yang timbulnya rasa sakit dan peradangan arthitis. Atau bahkan bisa lebih buruk

Asam sitrat yang terkandung di dalam buah jeruk nipis bisa melarutkan beban asam urat yang ada pada tubuh serta meningkatkan jumlah asam urat yang dieliminasi di pada urin. Buah jeruk nipis juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat memperbaiki berbagai macam isu peradangan.

Demam

Air jeruk nipis bisa dijadikan sebagai obat alternatif bagi para penderita penyakit demam. Kandungan yang terdapat pada buah jeruk nipis mampu menurunkan demam yang sangat tinggi. Jika anda terkena demam, anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai obat dengan cara meminumnya dalam bentuk jus.

Vitamin C yang ada pada buah jeruk nipis, dipercaya mampu secara alami menurunkan suhu tubuh.

Mencegah Penyakit Asam Urat

Ada 2 penyebab utama yang bisa memicu timbulnya penyakit asam urat. Penyebab pertama adalah berasal dari akumulasi radikal bebas di dalam tubuh. Selanjutnya, yang menjadi penyebab utama dari penyakit asam urat adalah akumulasi racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah jeruk nipis secara rutin, maka secara otomatis hal tersebut akan membantu mecegah dua penyebab diatas. Hal ini disebabkan oleh adanya pendetoks dan sumber antioksidan di dalam jeruk nipis yang akan menangkal semua radikal bebas serta mendetoksifikasi tubuh.

Gangguan Kemih

Jeruk nipis mengandung zat kalium yang sangat tinggi. Dengan demikian, zat tersebut akan sangat efektif menghilangkan berbagai zat beracun dan endapan-endapan yang ada pada ginjal dan kandung kemih.

Selain itu, sifat disinfektan pada jeruk nipis juga bisa membantu menyembuhkan luka infeksi pada sistem kandung kemih. Kandungan kalium juga bisa membersihkan endapan kalsium yang menyumbat air seni pada saluran kemih.

Anti Kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jeruk nipis memiliki kandungan zat flavonoid yang tinggi. Zat ini yang kemudian akan berperan sebagai pencegah kerusakan sel. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Media Pengobatan

Jeruk nipis telah terbukti mengandung beberapa zat alami yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Organisasi HIPTRI (Himpunan pengobatan tradisional dan akupuntur Indonesia) memberikan beberapa resep pengobatan herbal dengan menggunakan jeruk nipis sebagai media. Berikut langkah-langkahnya:

Mengatasi Obat Batuk

Caranya mudah, peraslah jeruk nipis hingga menghasilkan air perasan yang banyak. Setelah itu, tambahkan gula batu dan aduk sampai rata. Minum ramuan ini sehari sekali secara rutin hingga sang penderita sembuh.

Memperlancar Haid

Siapkan sekitar tiga sendok makan air jeruk nipis. Kemudian, tambahkan dengan satu sendok makan madu. Masukan kedua bahan tersebut kedalam dua gelas air panas. Minum ramuan ini ketika masih hangat 3 kali sehari secara rutin.

Mengurangi Gejala Vertigo

Untuk kasus yang satu ini, anda memerlukan beberapa lembar daun jeruk nipis. Tumbuk daun jeruk nipis tadi hingga halus. Selanjutnya campurkan bubuk tersebu dengan satu sendok air jeruk nipis. Aduk hingga rata lalu balurkan pada dahi, tengkuk dan pelipis selama 2 kali sehari

Menghilangkan Kurap dan Panu

Siapkan satu genggam akar landep. Cuci bersih lalu kemudian tumbuk hingga halus. Selanjutnya campurĀ  tumbukan tersebut dengan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga rata. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena penyakit. Tutupi dengan perban sebagai pembalut luka. Ganti perban tersebut selama 2 kali sehari secara rutin.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Selain memiliki berbagai manfat dan khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Ternyata jeruk nipis juga sangat berguna bagi kesehatan kulit, terutama pada wajah. Akan tetapi perlu diingat, penggunaan jeruk nipis tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Harus melewati beberapa langkah dan prosedur tertentu.

Lalu bagaimanakah langkah dan prosedur yang baik? Berikut akan kami jelaskan secara terperinci.

Menghilangkan Noda Hitam

Air jeruk nipis juga dipercaya sabagai obat pemutih alami dan memiliki sifat yang aman dan ringan jika dipakai. Selain itu, jeruk nipis juga mampu menghilangkan bintik-bintik hitam gelap yang ada pada wajah. Berikut langkah-langkah yang harus anda ambil:

  1. Oleskan air perasan jeruk nipis ke pada bagian wajah yang gelap menggunakan kapas. Lalu diamkan selama 30 menit.
  2. Selanjutnya pastikan anda tetap tinggal di dalam rumag dan hindari berbagai kontak langsung terhadap sinar matahari. Mengapa demikian? Hal ini karena jeruk nipis akan membuat kulit anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  3. Jika anda memiliki keperluan mendadak, maka dirankan untuk tetap mengenakan penutup kulit ketika sedang keluar rumah.

Menhilangkan Jerawat dan Bekas Noda

Jerawat dan noda yang ada pada wajah, sebenarnya disebabkan oleh berbagai macam kotoran yang hinggap, sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Namun pada umumnya masalah yang terjadi pada seseorang adalah karena wajahnya cenderung lebih berminyak.

Selain itu, bakteri yang ada pada wajah akan merusak dan memperburuk peradangan wajah. Hal ini tentunya akan membuat wajah menjadi kemerahan dan terasa nyeri.

Sifat antibiotik yang ada pada jeruk nipis akan menghambat proses pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Proses penyembuhan ini bisa anda kolerasikan dengan penggunaan madu.

Jika dilihat dari manfaatnya, madu sendiri juga memilki sifat anti bakteri yang mencegah perkembangan bakteri. Sedangkan sifat asam yang ada pada jeruk nipis juga bisa difungsikan sebagai pengontrol kadar minyak pada wajah.

Pijat bagian wajah anda menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu. Lakukan proses perawatan ini setiap minggu secara ruitn. Tujuannya agar semua bekas luka dan jerawat pada wajah hilang.

Anti Aging

Perkembangan usia serta paparan sinar UV matahari akan membentuk melanin yang nantinya berpengaruh terhadap warna tekstur kulit. Lalu kemudian, akumulasi semua melanin pada kulit ini akan menimbulkan binti-bintik gelap dan tanda penuaan.

Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai media untuk menghambat proses pembentukan melanin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kupas jeruk nipis. Lalu kemudian gosokkan jeruk nipis tersebut di bagian kulit yang diinginkan.
  2. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jeruk nipis ini sebagai masker alami. Dengan demikian hal tersebut akan mengurangi pigmentasi yang berlebihan.

Mengencangkan Pori-pori

Zat Astringent terbukti sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot sementara. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa zat ini sering digunakan di dalam produk kecantikan dan perawatan kulit alami.

Minyak yang ada di dalam jeruk nipis mengandung zat Astringent. Sehingga hal tersebut akan sangat berguna untuk mengencangkan otot pori-pori yang kendur. Dengan demikian produksi minyak yang ada wajah akan berkurang.

Menghilangkan Kulit Mati

Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis berguna untuk megelupas dan menghilangkan sel kulit mati. Jeruk nipis ini juga sering digunakan di dalam perwatan kecantikan spa serta pengobatan rumah dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan pada kulit wajah.

Membuat Kulit Tampak Bersinar

Untuk mendapatkan kulit yang bercahaya, anda bisa mengoleskan kulit wajah dengan segelas air hangat yang telah dicampur madu dan perasan jeruk nipis. Lakukan urutan langkah ini di pagi hari secara rutin. Hal ini akan memberikan efek cahaya alami pada kulit.

Mengatasi Beban Flek Hitam

Paparan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari dapat memicunya timbulnya efek flek hitam pada kulit. Akan tetapi anda jangan khawatir karena jeruk nipis ini sudah terbukti mampu menghilangkan flek hitam pada wajaj secara efektif.

Hal-hal yang perlu anda lakukan adalah mencampur air perasan jeruk nipis dengan tepung. Oleskan pasta ramuan ini diatas kulit secara merata. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Lakukan langkah perawatan ini setiap minggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menjaga Kelembapan Kulit

Jeruk nipis juga bisa anda jadikan sebagai masker wajah untuk menjaga kelembapan kulit dengan cara mencampurkan air perasannya dengan putih telur. Oleskan adonan tersebut diatas wajah. Jika sudah mengering maka kemudian bilas hingga bersih.

Manfaat Jeruk Nipis Terhadap Kesehatan Rambut

Selain sebagai obat alami kecantikan kulit, jeruk nipis juga ternyata bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini telah dibuktikan dengan teratasinya kebotakan dan kerontokan pada rambut.

Nutrisi vitamin C yang ada pada jeruk nipis, akan mendorong rangsangan pertumbuhan rambut. Caranya sangat mudah, anda bisa mencampur air perasan jeruk nipis dengan campuran madu dan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan kepada rambut yang belum di basahi oleh sampho.

Atau bisa juga anda campurkan air perasan jeruk nipis dengan bahan shampo herbal lainnya. Hal ini akan membuat rambut berkilau alami serta halus bersinar.

Reply