Daun Sirih: Ciri-ciri beserta Khasiat dan Manfaat yang Ada di dalamnya

Tanaman Sirih merupakan tanaman asli indonesia yang tumbuh dengan cara bersandar atau merambat pada batang bohon lain. Masyarakat Indonesia biasa mengonsumsi daun dan buah sirih bersamaan dengan pinang, gambir, kapur dan tembakau sebagai budaya.

Namun, akhir-akhir ini ada isu yang menerangkan bahwa mengunyah sirih akan memicu terjadinya kanker mulut. Hal ini terjadi karena ketika kita mengunyah daun tersebut maka akan membentuk Squamos Cell Carcinoma yang memiliki sifat malignan.

Selain itu, campuran kapur yang dikunyah secara bersamaan akan membuat gusi mengkerut dan gigi tanggal. Walaupun demikian, daun sirihnya memiliki kandungan antiseptik sebagai pencegah gigi berlubang.

Pada hakikatnya, tanaman sirih ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, hal itu akan berbanding terbalik jika kita tidak mengkonsumsi atau memperlakukannya dengan benar.

Sirih juga termasuk kedalam jenis tanaman herbal (fitofarmaka). Selain itu juga tanaman ini banyak digunakan di dalam upacara adat dan kehidupan sehari-hari bangsa rumpun melayu.

Di Indonesia sendiri, sirih menjadi salah satu tanaman obat yang dijunjung tinggi khasiatnya. Hal ini dikarenakan tanaman sirih tersebut memang asli berasal dari Kepulauan Riau. Oleh karenanya, masyarakat setempat tetap kuat mempertahankan budaya makan sirih, khususnya ketika upacara penyambutan tamu dan obat untuk segala jenis penyakit.

Walaupun tanaman ini berasal dari Kepulauan Riau, tanaman sirih ini masih bisa kita temukan hampir diseluruh penjuru nusantara. Entah itu dimanfaatkan sebagai tanaman herbal maupun tanaman hias.

Ciri-ciri Daun Sirih

Tanaman sirih memiliki beberapa ciri khusus yang membedakan antara tanaman ini dengan tanaman lainnya. Diantaranya adalah ukuran rambatnya yang bisa mencapai hingga 15 meter. Batangnya berbentuk bulat, berwarna coklat kehijauan, memiliki ruas dan merupakan tempat keluarnya akar.

Daunnya sendiri berbentuk jantung, tumbuh berselang-seling, berujung runcing, bertangkai dan menimbulkan bau sedap ketika ditumbuk atau diremas.

Ia memiliki panjang sekitar 5 hingga 8 centimeter dengan lebar sekitar 2 hingga 5 centimeter. Bunganya termasuk kedalam kategori majemuk, berbentuk bulir dan memiliki daun pelindung yang berukuran kurang lebih sekitar 1 milimeter. Selain itu, daun pelindung ini berbentuk bulat panjang.

Pada bulir jantan yang berukuran sekitar 1,5 hingga 3 centimeter, terdapat dua benang sari yang pendek. Sedangkan pada bulir betina yang memiliki panjang 1,5 hingga 6 centimeter terdapat tiga hingga lima buah kepala putik yang berwarna hijau kekuningan dan putih.

Buahnya termasuk kedalam kategori buni, berwarna hijau keabu-abuan dan berbentuk bulat. Akarnya termasuk kedalam jenis akar tunggang, berwarna coklat kekuningan dan berbentuk bulat.

Jenis-jenis Daun Sirih

Tahukah anda bahwasannya daun yang memiliki khasiat sebagai antiseptik ini ternyata memiliki banyak jenis. Selain jenisnya yang beragam, ternyata daun sirih juga memiliki manfaat dan khasiat yang beragam pula.

Entah itu sebagai tanaman obat ataupun tanaman hias. Untuk lebih jelasnya, akan kami sampaikan beberapa jenis klasifikasi dari daun sirih.

Sirih Wulung

Sirih wulung termasuk kedalam jenis daun sirih yang langka. Sirih wulung juga biasa disebut dengan daun sirih kraton. Yang menjadi ciri-ciri khususnya adalah perubahan warnanya (menjadi warda ungu) ketika daun tersebut disinari oleh cahaya dari bawah. Sirih ini memiliki berfungsi sebagai tanaman obat bahkan hias.

Sirih Gading

Sirih gading juga sering disebut dengan sirih kuning. Sirih kuning memiliki penampilan yang mirip sekali dengan sirih hijau. Yang membedakan sirih ini dengan sirih hijau adalah warnanya yang lebih muda dan agak kekuning-kuningan (seperti daun pupus). Ia juga termasuk kedalam kategori sirih yang berfungsi sebagai tanaman obat.

Sirih Putih

Daun sirih putih merupakan tumbuhan yang memiliki tekstur tubuh yang hijau dan bertotol putih. Warna putih pada daun sirih ini akan hilang ketika ia sudah semakin tua. Selanjutnya, totol putih yang hilang tersebut akan digantikan dengan warna hijau. Daun sirih jenis ini biasanya dimanfaatkan

Sirih Hitam

Sirih hitam merupakan salah satu jenis tanaman sirih yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu ciri khusus yang mencolok adalah warna hitamnya yang tidak akan pudar meski telah melalui proses pengeringan. Selain itu, sirih hitam ini juga sering digunakan  sebagai syarat ritual.

Sirih Philipin

Selain jenis wulung, sirih philipin juga termasuk kedalam salah satu tanaman sirih yang langka. Ciri-ciri tubuhnya mirip sekali dengan sirih merah. Hanya saja sirih philipin ini tidak berwarna merah bagian bawahnya.

Sirih Merah

Bicara soal tanaman sirih, tentunya kita sudah mengetahui secara garis besar dua fungsi yang didapat, sebagai tanaman obat dan tanaman hias. Namun jika kita telusuri lebih dalam lagi, ternyata ada beberapa tanaman sirih yang memiliki dua fungsi tersebut. Sirih merah sebagai contohnya.

Tanaman sirih merah bisa digunakan sebagai media pengobatan ataupun sebagi penghias rumah. Salah satu ciri khusus yang menonjol pada tanaman ini adalah seluruh bagian daunnya yang ditutupi oleh warna merah.

Sirih Jalu

Dibandingkan dengan sirih gading yang memiliki warna kuning pada seluruh bagian daunnya, sirih jalu sendiri hanya memiliki warna kuning pada sekitar tengah dan pangkal daunnya. Sehingga hal ini menambahkan keindahan sendiri pada tanaman sirih ini.

Sirih Irian

Sirih irian juga biasa disebut dengan sirih lalapan. Hal ini karena sirih iran sering dijadikan sebagai bahan makanan (lalapan). Salah satu ciri yang menonjol pada tanaman ini adalah ciri daunnya yang lebar.

Sirih Hati

Berbanding balik dengan daun sirih irian yang mempunyai tekstur ukuran yang lebar, sirih hati ini memiliki ukuran daun yang sangat kecil. Bahkan, bisa dibilang sirih hati ini merupakan jenis tanaman sirih yang memiliki daun dan batang terkecil. Diperkirakan ukuran daun sirih ini hanya sebatas ukuran uang koin 100 rupiah.

Sirih Darah

Tanaman sirih darah biasa disebut juga dengan sirih wulung part 2. Hal ini desebabkan oleh ciri morfologinya yang hampir mirip dan sama. Sama seperti sirih wulung, sirih ini juga termasuk kedalam jenis yang langka dan seringkali digunakan sebagai media pengobatan.

Manfaat Daun Sirih

Biasanya, daun sirih selalu identik dengan kakek-kakek dan nenek-nenek karena fungsinya yang kerap kali dijadikan sebagai bahan dasar untuk ‘nyirih’. Kegiatan nyirih adalah kegiatan mengunyah daun sirih selama beberapa waktu yang ditentukan.

Kegiatan nyirih ini identik dengan orang tua karena sering dilakukan oleh kakek-kake atau nenek-nenek. Konon katanya, kegiatan nyirih ini akan menyehatkan mulut dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Akan tetapi pada hakikatnya, kegiatan nyirih tersebut tidaklah hanya dilakukan oleh orang tua. Melainkan banyak pula anak-anak muda yang melakukan kegiatan nyirih ini.

Rebusan daun sirih memilik banyak khasiat dan manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Cara mengkonsumsinya pun sangat bermacam-macam, ada yang dengan meminum rebusannya, ada pula yang langsung mengunyahnya tanpa bahan tambahan sedikitpun.

Akan tetapi seperti yang sudah dijelaskan diawal, mengkonsumsi daun sirih tidak boleh sembarangan. Harus sesuai dengan langkah-langkah dan ketentuan yang benar. Lalu bagaimana cara? Berikut akan kami jelaskan manfaat dan cara menkonsumsi daun sirih secara baik dan benar.

Sebagai Obat Asma

Jika anda memiliki keturunan yang memiliki gejala asma, maka anda bisa coba menyembuhkannya dengan tanaman obat ini. Asma adalah salah satu jenis penyakit yang merepotkan.

Walaupun penyakit ini tidak memiliki resiko yang sangat kronis seperti serangan jantung dan diabetes, akan tetapi ia bisa menimbulkan beberapa efek yang nantinya bisa mengganggu kegiatan seperti sesak nafas, nafas tersenggal atau terasa pendek dan sulit mengerjakan pekerjaan yang berat pada jangka waktu yang lama.

Lalu bagaimanakah caranya mengobat gejala asma dengan daun sirih? Caranya mudah, anda bisa memanfaat air rebusan yang dicampur dengan daun sirih. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah berikut:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih (bisa 4 hingga 5 lembar).
  • Cuci daun sirih tersebut hingga bersih.
  • Rebus daun sirih dengan takaran 2 gelas air.
  • Tunggu hingga mendidih, jangan matikan api jika air belum menyusut sekitar 1 gelas.
  • Minum air rebusan tersebut 2 hingga 3 kali sehari secara rutin. Entah itu ketika gejala asma muncul, maupun tidak.

Menyembuhkan Penyakit Radang Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan memiliki efek yang hampir mirip dengan penyakit asma. Walaupun penyakit ini tidak termasuk kedalam kategori penyakit yang memiliki gejala kronis. Namun ia akan bisa sangat mengganggu aktifitas kegiatan kerja kita.

Jika anda memiliki keluarga, sanak saudara atau mungkin anda sendiri yang terkena penyakit radang tenggorokan, maka anda bisa mengobatinya dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah membuat air rebusan daun sirih seperti yang dijelaskan diatas.

Lalu kemudian minumlah air tersebut secara rutin. Otomatis ramuan tersebut akan mengurangi beberapa gejala radang tenggorokan seperti batuk-batuk, suara terasa serak, sulit berbicara, perih ketika menelan dan juga menghilangkan penyakit radang tenggorokan itu sendiri.

Mengobati Iritasi dan Rasa Sakit pada Mata

Manfaat rebusan daun sirih lainnya adalah bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi iritasi dan rasa sakit pada mata. Bisa dibilang, mata termasuk kedalam salah satu bagian organ tubuh yang rentan dan seringkali terkena infeksi peradangan.

Hal ini karena mata merupakan organ tubuh yang sering terbuka dan berkontak langsung dengan polutan dan allergen. Zat-zat tersebutlah yang menyebabkan iritasi, gatal, berwarna merah dan rasa sakit pada mata.

Ketika mata terserang iritasi, maka obat tetes mata biasa saja tidak bisa diandalkan untuk menyembuhkannya. Anda bisa menggunakan tanaman herbal seperti sirih untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Berikut akan kami jelaskan langkah-langkah membuat obat mata berbahan dasar daun sirih.

  • Ambil 1 hingga 2 lembar daun sirih, lalu cuci hingga bersih dari kotoran.
  • Rebus daun sirih tersebut dengan takaran air sekitar 1 gelas.
  • Jika sudah mendidih, biarkan hingga dingin.
  • Teteskan hasil rebusan tersebut diatas mata, atau anda juga bisa menggunakan air tersebut sebagai bahan untuk mengompress mata.

Melancarkan Haid

Para wanita memang kerap kali mengalami masalah ketika sedang melalui proses menstruasi atau hiad. Biasanya masalah yang ditimbulkan akibat haid adalah rasa nyeri yang hebat. Jika anda mengalami masalah yang sama namun tidak suka mengkonsumsi jamu, maka anda bisa juga untuk coba menggunakan daun sirih ini sebagai obatnya.

Pada hakikatnya, semua produk obat yang ada dipasaran mengandung ekstrak daun sirih ini. Berikut langkah-langkah yang bisa anda praktekkan.

  • Ambil sekitar 3 hingga 5 lembar daun sirih.
  • Selanjutnya rebus daun tersebut dengan air hingga mendidih.
  • Selanjutnya tunggu hingga mendingin, minum ramuan tersebut ketika mengalami proses haid atau menstruasi.

Menghilangkan Bau Mulut

Salah satu dari sekian manfaat yang dimiliki daun sirih adalah kandungannya yang bisa digunakan untuk mengilangkan bau mulut. Harus kita akui, bau mulut memang sangat mengganggu aktifitas sosial kita.

Jika anda memiliki masalah tersebut, maka alangkah baiknya jika anda mulai melakukan pengobatan dengan rebusan daun sirih. Berikut akan kamis jelaskan beberapa langkah untuk menghilangkan bau mulut dengan menggunakan daun sirih.

  • Ambil 3 hingga 4 lembar daun sirih.
  • Rebus daun sirih tersebut bersamaan dengan air mendidih.
  • Tunggu dan diamkan air rebusan tersebut hingga dingin.
  • Lalu gunakan air rebusna tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan langkah ini ketika sehabis makanan yang berbau atau setelah sikat gigi.

Membershikan Mulut dari Kuman

Pada hakikatnya, manfaat yang satu ini memiliki kesamaan dengan manfaat membersihkan bau mulut. Jika anda ingin membersihkan mulut dari berbagai penyakit, maka anda bisa melakukan beberapa langkah yang dijelaskan pada sub ‘Menghilangkan Bau Mulut’.

Terapkan langkah ini secara rutin 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Mengobati Penyakit Gusi dan Sariawan

Jika anda mengalami sakit gusi dan sariawan, maka anda bisa menyembuhkannya dengan cara mengunyah daun sirih tesebut secara mentah-mentah. Namun jika anda merasa enggan atau jijik untuk mengunyah daun sirih secara langsung, maka anda bisa menggunakan air rebusan sirih.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda hanya perlu berkumur menggunakan air rebusan daun sirih. Jika anda masih bingung, anda bisa melihat contoh langkah-langkah yang ada pada sub ‘membersihkan bau mulut.

Kandungan vitamin C yang ada pada daun sirih akan membuat penyakit sariawan dan gusi kita menjadi lebih baik.

Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Tahukah anda bahwasannya air rebusan dari daun sirih dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah.

Berikut akan kami jelaskan sedikit langkah-langkah mengani cara penyembuhan demam berdarah menggunakan daun sirih.

  • Kumpulkan 5 hingga 6 lembar daun sirih, lalu kemudian cuci hingga bersih dari kotoran.
  • Rebus daun yang sudah dicuci tadi dengan takaran 2 gelas air.
  • Tunggu hingga mendidih dan biarkan api menyala hingga air rebusan tersebut menyusut hingga 1 gelas air.
  • Minumlah hasil air rebusan tersebut 2 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengurangi Produksi ASI Berlebih

Produksi ASI memang sangat dibutuhkan bagi seorang ibu. Namun, terkadang beberapa ibu mengalami peroduksi ASI yang berlebih sehingga terasa mubazir. Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan beberapa langkah-langkahnya:

  • Kumpulkan 4 lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih. Biarkan ia mengering.
  • Setelah itu olesi lembaran daun sirih tersebut menggunakan minyak kelapa.
  • Kemudian panggan daun tersebut diatas api. Namun ingat, jangan sampai daun tersebut hangus terbakar.
  • Tempel daun yang masih hangat di sekitar payudara anda.

Mengobati Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala kronis. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan daun sirih sebagai media pengobatan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 7 pasang biji kemukus dan 1 sendok makan jintan putih.
  • Lalu kemudian tumbuk semua bahan tersebut hingga halus.
  • Campurkan bubuk tadi dengan 5 sendok air panas dan biarkan selama beberapa menit.
  • Kemudia saring dan peras campuran tadi hingga tersisa hanya air perasannya.
  • Minum ramuan tersebut selama 2 kali sehari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengobati Penyakit Sifilis

Sifilis merupakan salah satu penyakit kelamin yang sangat berbahaya. Anda bisa menyembuhkannya dengan memanfaatkan kandungan yang ada pada daun sirih. Berikut cara-caranya:

  • Pada tahap ini anda memerlukan banyak sekali daun sirih. Siapkan antara 25 hingga 30 lembar daun sirih beserta dengan tangkainya. Selain itu, anda juga harus menyiapkan beberapa resep tambahan seperti seperempat gula aren dan garam dapur.
  • Setelah itu, campur semua bahan tersebut dengan takaran air sekitar 2 liter.
  • Jika sudah mendidih, saring air tersebut guna memisahkan ampas-ampasnya.
  • Konsumsi ramuan ini 3 kali dalam sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengobati Bronkhitis

Tak hanya sifilis, anda juga bisa menggunakan daun sirih ini sebagai media pengobatan penyakit bronkhitis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan sekitar 7 lembar daun sirih beserta satu kotak gula batu.
  • Kemudian potong-potong dauns sirih hingga kecil. setelah itu rebus hasil potongan tersebut dengan gula batu dan air 2 gelas.
  • Tunggu hingga mendidih, jangan matikan api sebelum volume air berkurang menjai satu gelas.
  • Tunggu hingga dingin lalu kemudian saring air tersebut.
  • Ramuan ini bisa anda minum dengan takaran 3 sendok makan setiap 3 hari sekali secara rutin.

Mengobati Keputihan

Sama seperti halnya sifilis, keputihan juga merupakan penyakit kelamin yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai media pengobatan dengan cara sebagai berikut:

  • Kumpulkan 7 hingga 10 lembar daun sirih lalu kemudian cuci bersih.
  • Setelah itu rebus daun sirih tersebut dengan takaran 2 setengah liter air dan tunggu hingga mendidih.
  • Gunakan air rebusan daun sirih yang masih hangat guna membasuh daerah kemaluan kewanitaan.
  • Lakukan langkah ini berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengobati Diare

Pernah mengalami diare? Atau mungkin anda tiba-tiba merasa sakit pada bagian perut? Bisa saja anda terkena serangan penyakit diare. Biasanya, penyakit diare ini timbul akibat makanan dan minuman yang kurang sehat.

Namun jangan khawatir, dengan adanya daun sirih anda bisa mengatasi semua masalah tersebut. Lalu bagaimana caranya? Berikut akan kami jelaskan satu-persatu:

  • Sediakan 4 hingga 6 lembar daun sirih lalu cuci bersih dari segala kotoran yang ada.
  • Jangan lupa juga untuk menyiapkan 6 biji lada serta sendok minyak kelapa.
  • Lalu campurkan semua bahan tersebut dan tumbuk secara bersamaan hingga halus.
  • Gosokkan bubuk tadi pada bagian perut yang sakit dan biarkan hingga mengering.

Mengobati Gatal Alergi

Manfaat terakhir yang dimiliki oleh daun sirih adalah kandungan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit gatal yang diakibatnkan oleh alergi (biduran). Jika anda mengalami penyakit tersebut maka anda bisa langsung mempraktekkan beberapa langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Siapkan 6 lembar daun sirih lalu kemudian cuci bersih.
  • Siapkan juga satu setengah sendok makan minyak kayu putih disertai 1 potong jahe kuning.
  • Setelah semuanya siap, tumbuk semua bahan tersebut secara bersamaan hingga halus.
  • Terakhir, gosokkan/oleskan ramuan tersebut pada bagian yang gatal-gatal diakibatkan oleh alergi atau biduran.

Demikian artikel yang menjelaskan bermacam-macam manfaat yang dimiliki oleh daun sirih. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Reply