Burung Kenari: Sejarah, Ciri Khas, Macam-macam Jenis Serta Cara Merawatnya

Canary Bird atau yang biasa kita sebut dengan burung kenari, merupakan salah satu jenis burung hias yang paling banyak digemari oleh para pecinta burung khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan burung kenari memiliki beberapa ciri khas dan keunikan tersendiri.

Sala satu keunggulan yang dimiliki oleh burung kenari ini adalah ukuran tubuhnya yang bisa dibilang sangat mungil. Selain itu ia juga memiliki keelokan warna dan kicauan yang begitu indah. Maka tak heran jika burung ini menjadi salah satu burung yang cocok diperlombakan. Saat ini, sudah banyak diadakan perlombaan antar burung kenari yang ada di Indonesia.

Suaranya yang begitu indah, membuat para maniak burung berdecak kagum. Bisa dibilang, burung kenari juga merupakan salah satu burung yang memiliki harga cukup stabil dari harga sekitar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Meski bernama ‘kenari’, nama burung ini bukan diambil dari kata ‘buah kenari’. Akan tetapi, nama tersebut diambil dari daerah asal dimana ia ditemukan. Pada awalnya, burung kenari ditemukan di daerah yang berada pada kepulauan Canary. Kepulauan ini terletak di daratan bagian laut Afrika Timur.

Kata Canary sendiri berasal dari bahasa latin Canarias yang memiliki makna pulau anjing. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh banyaknya anjing liar yang hidup di dalam pulau tersebut. Di abad ke-15, burung kenari ditemukan untuk pertama kalinya oleh pelaut yang berasal dari negara prancis, Jean De Berthan Cout.

Karena suara dan warna tubuhnya yang indah, maka burung kenari ini seketika terkenal di seluruh belahan penjuru dunia. Semenjak 5 abad terakhir, keberagaman warna dan spesies burung kenari kian lama kian bertambah. Hal ini disebabkan karena maraknya perkawinan silang jenis burung kenari yang satu dengan jenis burung kenari yang lainnya.

Sampai saat ini, burung kenari menjadi burung yang populer di Indonesia atau bahkan dunia. Mengingat burung ini termasuk kedalam burung yang gemar sekali bernyanyi, maka tentu akan menimbulkan rasa tersendiri bagi pemiliknya.

Kicauannya juga membuat hati menjadi sangat sejuk dan nyaman. Karena ciri khas kicauannya tidak telalu kasar dan terkesan cenderung lebih lembut. Hal inilah yang membuat burug kenari telihat sangat berbeda dengan burung yang lainnya.

Burung ini sangat cocok jika diikutkan sebagai burung kontes karena burung ini bisa menirukan beberapa jenis suara burung lainnya seperti Norwich, fancy, London, Lanchasire, YorkshirE dan lain-lain.

Keistimewaan lain yang terdapat pada burung ini adalah warna bulunya yang cantik dan sangat bervariasi. Mulai dari warna hijau, kuning, merah dan lain-lain. Sehingga burung ini sangat cocok jika dipelihara sebagai burung kicau di dalam rumah.

Tak hanya hobi, burung kenari ini juga memiliki prospek yang baik untuk kedepanya. Jika dilihat dari segi bisnis, ternyata budidaya burung ini sangat menjanjikan mengingat banyaknya permintaan dari berbagai jenis konsumen selama ini. Jika dilihat secara keseluruhan, grafik permintaan pasar dari jenis burung kenari ini tiap tahun makin menigkat.

Satu hal lagi yang mendukung yang bisa di perhitungkan adalah harganya yang cenderung stabil. Hal ini membuat para pecinta burung semakin yakin untuk membeli.Budidaya kenari juga bisa dikatakan sebagai salah satu kegiatan awal yang akan mememulai kesukesan anda di dalam dunia bisnis.

Burung kenari juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai partner hidup. Karena selain penampilannya yang indah dan menawan, burung ini juga sangat senang berkicau sepanjang hari. Dari kicauannya itulah yang akan membuat rumah kita serasa lebih tenang dan damai.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis dan ciri-ciri yang ada pada burung kenari. Kita akan membahasnya satu-persatu disini.

Burung Kenari F1

Banyak orang yang bertanya-tanya, apa yang membuat jenis kenari yang satu ini disebut dengan Kenari F1? Dan apa ciri khasnya? Oleh karenanya, kami akan coba sedikit menjelaskan ciri-ciri dan asal muasal burung kenari F1.

Pada hakikatnya, istilah Kenari F1 sendiri  berasal dari hasil perkawinan burung (sejenis burung finch) antara 2 jenis kenari yang berbeda. Salah satu diantaranya adalah jenis burung kenari lokal. Contoh mudahnya seperti ini.

Jika burung kenari Yorkshire jantan dikawinkan dengan burung kenari lokal betina, maka perkawinan ini akan menghasilkan keturunan yang disebut dengan kenari F1 Yorkshire. Sama halnya juga dengan mengawinkan burung kenari jenis Roller jantan dengan burung betina lokal, maka hasil yang didapatkan adalah kenari F1 roller.

Jika masih banyak penggemar burung pemula yang masih sering bertanya-tanya kenapa harus dinamakan F1? Apa yang menjadi penyebabnya? Maka dari itu kami juga akan sedikit membeberkan tentang makna yang tersirat dari nama tersebut.

Pada hakikatnya, nama F1 sendiri memiliki arti keturunan pertama. Jika diartikan, huruf ‘F’ pada ‘F1’ memiliki arti Fillial atau keturunan. Jadi dengan begitu kenari F1 bisa dibilang sebagai burung kenari keturunan pertama yang dihasilkan.

Hal ini juga sangat berkaitan dengan jenis kenari F2 dan kenari F3 dan seterusnya. Angka yang berada dibelakang huruf ‘F’ adalah menandakan urutan keturunan mereka. Dengan demikian kenari F2 bisa dikatakan keturunan kedua dan Kenari F3 bisa dikatakan sebagai keturunan ketiga.

Harga yang dibanderol untuk kenari F1 ini sangatlah mahal yakni sekitar 1,5 Juta rupiah. Di Indonesia sendiri, kenari F1 Ys (Yorkshire) sangat diminati oleh para pecinta burung yang berada di Indonesia. Hal ini dikarenakan burung kenari F1 Ys merupakan keturunan dari burung kenari Yorkshire sehingga memiliki kualitas yang sangat mumpuni.

Apatah lagi burung ini juga mewarisi sifat dan gen yang ada pada indukya (yorkshire). Sehingga beberapa ciri-ciri yang ada pada induknya seperti badannya yang besar, kakinya yang agak panjang serta bagian bahunya melebar semua turut ikut diwarisi oleh kenari F1 ys ini. Namun demikian, burung kenari F1 ys tidak sepenuhnya mirip dengan burung kenari Yorkshire.

Burung Kenari AF

Burung kenari AF adalah salah satu hasil keturunan dari burung kenari F1. Sehingga jika dilihat secara seksama burung kenari AF ini memiliki postur tubuh yang hampir sama dengan burung kenari F1. Hanya saja tubuhnya lebih kecil (dari kenari F1) dan lebih besar dari pada burung lokal.

Harga yang dibanderol untuk burung kenari AF cukup mahal. Bedasarkan hasil pengamatan yang dilakukan baik itu terhadap para peternak maupun media online, harga burung kenari AF muda bekisar antara 300rban.

Salah satu faktor yang membuat burung kenari AF diminati adalah karena burung ini sangat cocok jika diikutkan kedalam lomba. Ia mempunyai karakter yang mudah nampil alias sangat mudah untuk berbunyi. Kenari ini juga memiliki volume suara  yang tidak kalah nyaring dengan burung kenari berbadan gempal.

Selain itu, ia juga memiliki mental kuat tempur yang tak kalah dengan burung kicau lainnya. Namun, jika berbicara soal mental. Setiap burung bisa dilatih dan memiliki kadarnya masing-masing.

Bagi para pecinta burung yang masih pemula, tentunya sangatlah sulit untuk menentukan jenis burung kenari AF. Karena jika dilihat secara seksama, tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara jenis burung kenari AF dengan Burung kenari biasa yang berukuran kecil. Postur tubuhnya pun hampir mirip seukuran.

Jika anda memang benar-benar berniat untuk membeli burung kenari AF, disarankan untuk memberlinya ke peternak langsung atau ke toko-toko yang memiliki Track Record terpercaya agar tidak menyesal dikemudian hari.

Di setiap perlombaan atau event yang diselenggarakan, hal utama yang harus diperhatikan adalah kualitas dan gaya kicauan yang dihasilkan oleh burung. Ini semua karena hal tersebut menjadi penilaian para juri nanti. Sedangkan keindahan warna, segi fisik, bulu dan postur tubuh yang dimiliki tidak terlalu diperhatikan.

Jadi pada intinya, pada perlombaan burung kenari umumnya hal yang dinilai adalah kicauannya yang bagus serta gacor. Volume yang dimiliki juga harus tembus dan gayanya yang unik juga jadi salah satu poin penilaian seperti lenggak lenggok kepala kenari diatas tangkringan. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika mengikutkan kenari AF dalam perlombaan.

Tentuya, kenari AF memiliki berbagai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kekurangan yang dimiliki burung kenari AF diantaranya adalah ukuran tubuhnya yang kecil dan volume suara yang umumnya masih kalah lantang dengan burung kenari bongsor.

Akan tetapi, kenari AF ini memiliki kelebihan gampang nampil atau berkicau. Selain itu, ia juga bisa jadi pilihan yang tepat bagi para penggemar burung kicau karena perawatannya yang mudah dan tidak terlalu rumit.

Burung kenari AF juga termasuk kedalam golongan burung kenari standard untuk dipelihara di dalam rumah. Semua ini karena burung kenari AF memiliki badan yang tidak terlalu kecil seperti badan kenari lokal sehingga masih sangat enak untuk dilihat.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan burung kenari yorkshire, tentunya masih kalah jauh. Entah itu dari segi postur serta kualitas kicauannya. Memang seperti itu, semua burung hias memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Burung Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire merupakan jenis kenari yang paling bagus dan banyak diminati oleh para penggemar burung kicau. Apalagi jika dlihat dari segi postur tubuhnya. Para penggemar burung pasti langsung jatuh hati jika pertama kali melihat keindahan yang dimilikinya.

Badannya yang gempal menyerupai bentuk tanaman wortel terbalik. Selain itu, ia juga memiliki bentuk kepala yang mbarong, kaki yang jingkring dan terlihat sangar karena badannya memiliki kharisma nan gagah bak gatot kaca. Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jenis burung kenari yorkshire yang tidak dimiliki oleh jenis kenari yang lainnya.

Burung kenari yorkshire merupakan burung yang pada awalnya didatangkan dari luar negri seperti Italy (Ring FOI), Inggris (Ring IOA) dan Jerman (Ring DKB).

Burung kenari yorkshire sebenarnya juga bukan ras alami, melainkan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh kenari belgia dan lanacasire. Selain itu, jenis kenari ini juga tidak termasuk kedalam jenis Song Canary (kenari penyanyi). Namun kenari yorkshire termasuk kedalam jenis kenari postur. Akan tetapi, kiacauan yang dimiliki burung kenari juga tidak kalah bagus dengan burung kenari jenis lain.

Burung kenari yorkshire bisa dibilang sebagai burung kenari yang paling sempurna dan populer di Indonesia atau bahkan Dunia.  Maka tak heran jika burung yorkshire dibanderol dengan harga yang tinggi. Saat ini, rata-rata harga burung tersebut adalah diatas 10 jutaan.

Umumnya, merawat burung kenari yorkshire tidak semudah merawat jenis burung kenari lokal. Hal ini karena burung kenari Yorkshire merupakan jenis kenari yang diimpor langsung dari negara yang memiliki 4 musim seperti Inggris, Amerika dan Russia. Dengan demikian, kenari Yorkshire harus melakukan adaptasi terlebih dahulu terhadap cuaca yang ada di Indonesia.

Para pecinta burung kicau Indonesia biasanya menjadikab burung ini sebagai indukan atau pemacek, setelah itu baru dikawinkan dengan burung kenari lokal sehingga muncullah satu keturunan yang biasa disebut dengan kenari F1 Ys. Tak kalah dengan indukannya, keturunan ini akan memiliki kualitas yang baik pula. Hal inilah yang membuat para peminat kenari F1 Ys semakin meningkat tiap tahunnya.

Jika anda berniat untuk membeli kenari Yorkshire, maka alangkah baiknya untu mengetahui beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh kenari yorkshire berkualitas.

Salah satu dari sekian ciri-ciri yang ada, hal yang paling mencolok pada tubuh kenari yorkshire adalah potur tubuhnya yang istimewa. Perlu diingat, postur tubuh yang dimiliki oleh kenari ini harus betul-betul bagus bukan hanya sekedar besar saja. Berikut tanda-tandanya:

  • Memiliki badan besar dam berbentuk seperti wortel yang terbalik.
  • Kepalanya mbarong dan besar.
  • Dadanya lebih terlihat bidang.
  • Memiliki kaki jingkrik dan panjang.
  • Pada bagian punuk atau tengkuk terlihat besar.
  • Matanya bersinar dan tidak berair.
  • Memiliki sorotan mata yang lebih tajam.
  • Bulunya sangat bersih dan mengkilap.
  • Aktif bergerak.
  • Memiliki suara yang keras dibandingkan dengan jenis kenari lainnya.
  • Nafasnya lancar (tidak mengi atau ngorok).
  • Daerah kloakanya bersih tidak terdapat kotoran.
  • Jika kenari yorkshire dikawinkan dengan kenari lokal, maka ia akan menghasilkan keturunan baru seperti kenari F1 ys, F2 ys, F3 ys dan seterusnya. Sehingga hal ini bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis.
  • Selain harganya yang mahal, kenari yorkshire memiliki harga yang cenderung stabil.

Cara Perawatan

Setelah mengupas beberapa keunggulan yang dimiliki kenari yorkshire. Kali ini kami akan memulai untuk mengulas sedikit tentang cara merawat burung kenari yorkshire.

Di Indonesia sendiri, burung kenari yorkshire ini dibanderol dengan harga mahal. Semua ini dikarenakan banyaknya peminat dari kalangan para kicau mania. Selain itu, burung ini juga didatangkan langsung dari negri eropa. Sehingga harganya pun menjadi sedikit mahal.

Tak hanya berhenti disitu, burung kenari yorkshire juga memiliki perawatan tubuh yang tidak mudah. Perlu skill dan keahlian tertentu. Karenanya, pikirkanlah kembali jika ingin membeli burung kicau jenis ini karena selain harganya yang mahal, perawatannya juga cukup rumit.

Namun semua itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kualitas dan postur yang dimiliki oleh burung tersebut. Tampangnya yang sangat dengan kepala yang besar, lebar dan pipih membuat burung ini menjadi memiliki daya tarik tersendiri.

Ciri lain yang ada pada burung ini adalah bulu bagian matanya yang terlihat agak panjang. Sehingga terkadang bagian matanya tertutupi oleh bulu matanya sendiri.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kenari yorkshire merupakan jenis kenari yang diimpor langsung dari daratan eropa. Namun akhir-akhir ini banyak sekali importir asal tanah air yang mendatangkan jenis kenari ini dari turki.

Dengan demikian, proses adaptasi yang dilakukan oleh kenari turki akan lebih cepat dibandingkan dengan jenis kenari eropa lainnya.

Tahukah anda, bahwasannya pada saat ini banyak sekali peternak burung kenari di Indonesia yang telah berhasil dan sukses membudidayakan jenis kenari yorkshire dan dikawinkan dengan kenari yorkshire pula.

Sehingga, dari proses perkawinan tersebut muncullah jenis kenari yorkshire lokal. Konon katanya, jenis kenari yorkshire ini memiliki daya adaptasi yang lebih bagus dibandingkan dengan kenari yorkshire lainnya. Semua ini terjadi karena kenari yorkshire lokal telah tumbuh dan berkembang di daratan Indonesia.

Jika anda ingin mempunyai burung kenari yorkshire di rumah, maka alangkah baiknya jika anda mempelajari cara merawat burung kenari yorkshire. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang perlu diambil.

  • Jangan memberi burung kenari jenis yorkshire dengan pakan kiloan. Akan tetapi berikanlah pakan burung yang sudah jadi atau sudah berada di dalam kemasan. Karena pakan burung yang sudah berada di dalam kemasan cenderung lebih higenis.
  • Jangan memperlakukan burung kenari yorkshire seperti jenis kenari lokal lainnya. Ada beberapa kegiatan yang tidak boleh diterapkan pada kenari jenis ini seperti: Penjemuran yang lama dan mandi asal semprot. Sebab, jenis kenari ini harus beradaptasi terlebih dahulu dengan cuaca yang ada di Indonesia.
  • Berikanlah ia pakan tambahan yang bergizi seperti apel dan telor puyuh rebus. Akan tetapi perlu diingat, jangan memberinya terlalu banyak. Karena hal ini hanya akan membuat kenari yorkshire menjadi gemuk. Jikalau kegemukan, maka hal ini juga akan berpengaruh terhadap performa burung itu sendiri.
  • Berikanlah multivitamin dengan mencampurkan pada air yang biasa ia minum.
  • Sebaiknya, krodong burung impor ini di malam hari.
  • Setelah itu lakukan pembersihan sangkar setiap hari. Karena kebersihan sangatlah penting demi terjaganya kesehatan pada tubuh burung.

Burung Kenari Merah

Kenari Merah wortel bisa dibilang sebagai salah satu jenis burung kicau yang paling lari di dunia. Di Indonesia sendiri, burung ini kerap menjadi incaran oleh para pecinta burung kicau.

Salah satu keunggulan yang dimiiki kenari merah adalah warna bulunya yang mencolok dan berwarna-warni. Warna nya pun jelas dan cerah menjadikan burung kenari merah makin digemari oleh kicau mania.

Jika dilihat dari segi  kualitas suaranya, kenari merah juga memiliki kualitas suara yang bagus dan oke. Karena ia memiliki karakter suara yang lebih renyah dibadingkan dengan jenis burung kenari yang lain.

Tahukah anda? Saat ini para penangkar dan peternak burung kenari merah ini sangat sulit menyediakan bibit. Semua ini terjadi karena membludaknya permintaan pasar/minat yang lebih tinggi dari kesediaan bibit kenari.

Hal semacam inilah yang membuka celah bagi para pedagang nakal. Mereka akan mencoca untuk mencari keuntungan yang lebih tinggi dengan cara mencampur beberapa obat-obatan kedalam pakan kenari sehingga burung tersebut bisa tampak sebagai burung kenari merah wortel.

Kita sebagai pecinta kenari harus benar-benar pintar dan jeli dalam memilih burung kenari merah ini karena hanya kenari merah asli yang memiliki kualitas terbaik.

Nyatanya, banyak juga para pecinta burung yang membudidayakannya tidak hanya untuk hobi melainkan sebagai peluang bisnis. Langkah pertama yang diambil adalah dengan mengawinkan silang antara kenari merah jantan dengan kenari lokal betina. Tentu saja, hasil yang didapatkan pun akan memiliki kualitas terbaik.

Demikian artikel mengenai macam-macam jenis burung kenari beserta cara merawatnya. Moga-moga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Reply