Bunga Mawar: Sejarah, Jenis, Manfaat beserta Kumpulan Gambarnya

Bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman semak yang mempunyai bentuk unik. Nama bunga mawar sendiri diambil dari kata Rosa atau Rose yang menunjukan nama tempat asalnya. Jenis bunga ini memiliki lebih dari 100 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Kebanyakan dari mereka tumbuh di belahan bumi bagian utara yang memiliki udara sejuk. Pada umumnya, seluruh spesies tanaman semak bunga mawar memiliki batang darun yang berduri. Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk tumbuh hingga 5 meter.

Bahkan, ada pula jenis mawar yang tingginya mencapai 20 meter. Namun, mawar jenis ini sangat sulit sekali ditemui karena hidupnya yang merambat pada tanaman lain.

Sebagian besar spesies tanaman semak bunga mawar memiliki panjang daun sekitar 4 hingga 15 Centimeter. Bentuk posisinya pun dua-dua berlawanan. Daun majemuk yang dimiliki oleh tanaman ini terdiri dari kurang lebih 3 hingga 13 anak daun dan daun stipula (penumpu).

Daun stipula tersebut memiliki bentuk yang cenderung lonjong, tepinya beringgit, berduri pada batang, tulangnya menyirip dan ujung daunnya pun meruncing. Duri pada batang bunga mawar terletak pada batang bagian bawah. Lebih tepatnya batang yang menempel pada tanah.

Tahukah anda, bahwa sebenarnya tanaman bunga mawar bukanlah tanaman yang masuk kedalam kategori tanaman semak tropis. Kenapa demikian? Karena sebagian besar dari jenis tanaman ini merontokan daunnya ketika musim semi. Namun, hal ini hanya dilakukan oleh tanaman bunga mawar yang berada di asia.

Bunga ini memiliki 5 helai daun mahkota. Terkecuali jenis bunga mawar serica yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota pada ujung bunganya. Jenis bunga mawar yang memiliki 5 helai daun mahkota ialah bunga mawar merah, putih, biru, merah muda, kuning dan beberapa jenis lainnya. Ovarinya pun terletak pada bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Sejarah Bunga Mawar

Tak hanya bentuk bunganya  yang sangat indah dan unik, ternyata bunga mawar ini memiliki sejarah yang tak kalah indah dengan bentuknya. Percaya atau tidak bahwa sebenarnya buga mawar telah ada sebelum manusia diciptakan

Bedasarkan bukti fosil yang tersimpan di dalam monumen Monumen Nasional Florissant Fossil Colorado-Amerika Serikat, jejak bunga mawar pertama telah ada sejak sekitar 40 juta tahun yang lalu.

Selain itu, ditemukan juga beberapa fosil bunga mawar yang ada di Oregon dan Montana. Diperkirakan fosil bunga mawar tersebut telah berumur lebih dari 35 juta tahun. Hal ini makin dikuatkan dengan ditemukannya beberapa fosil bunga tersebut di jerman dan yugoslavia.

Bunga mawar, saat ini dapat tumbuh dan berkemban baik di beberapa daerah yang memiliki iklim tropis. Dengan kata lain, ia akan tumbuh subur di negara yang memiliki 4 musim. Namun, seperti yang dikatakan diawal, jenis ini juga sering ditemukan di alam yang memiliki suhu ekstrim seperti Antartika dan Norwegia.

Jika kita beranjak kesebelah selatan, maka akan ditemukan mawar yang tumbuh liar di kawasan Afrika dan Meksiko. Diperkirakan terdapat lebih dari 150 spesies bunga mawar tumbuh subur dikawasan ini.

Budidaya kebun mawar sendiri diperkirakan baru dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu. Hal ini ditandai dengan munculnya perdaban baru Negri Mesir, China, Romawi, Yunani dan Fenisia. Namun, para ahli sepakat bahwasannya tanaman bunga mawar ini awalnya berasal dari Asia Tengah. Lebih tepatnya sudah aja sejak 70 Juta tahun lalu (pada zaman eosen).

Jenis Mawar Tertua

Jika dilihat dari sejarah perkembangan bunga bawar, telah disebutkan bahwa terdapat berbagai macam spesies yang ada di berbagai penjuru dunia. Akan tetapi tahukah anda? Bahwasannya ada spesies mawar yang telah teridentifikasi memiliki umur sekitar 40 juta tahun.

Spesies bunga mawar ini adalah French Rose (Rossa Gallica) atau jika diartikan kedalam bahasa indonesia memiliki makna mawar perancis . Jenis ini diakui sebagai bunga mawar tertua di dunia.

Tapi tunggu dulu, walaupun nama tanaman ini mengandung unsur kata French, ternyata jenis ini bukan berasal dari negara prancis. Pada kenyataannya, bunga ini belum bisa diidentifikasi asalnya. Bunga Rossa Galica ini banyak tumbuh di Eropa Tengah dan Selatan.

Fungsi Bagian-bagian Bunga Mawar

Secara umum, dari setiap spesies bunga mawar yang ada di seluruh dunia memiliki bagian-bagian tumbugan yang sama. Diantaranya: Akar, Daun, Duri, Batang, kelopak dan Mahkota Bunga. Fungsinya pun relatif sama. Adapaun beberapa fungsi dari bagian-bagian bunga mawar akan dibahas di beberapa paragraf di bawah.

Mahkota Mawar

Daum mahkota bunga atau biasa disebut corolla pada umumnya memiliki tekstur warna yang cerah. Fungsi dari mahkota bunga ini adalah sebagai pemikat bagi hewan-hewan yang ada disekitar bunga. Hal ini bertujuan agar serangga atau hewan tersebut dapat membantu jalannya proses penyerbukan.

Mungkin fungsi ini sangat berlaku untuk bunga mawar liar. Akan tetapi fungsi ini tidak berlaku untuk jenis bunga mawar hibrida. Mawar hibrida adalah jenis bunga mawar yang proses penyerbukannya dibantu oleh tangan-tangan manusia.

Jenis perkawinannya pun kawin silang. Mawar hibrida inilah yang disebut-sebut sebagai mawar modern. Pada mawar jenis ini, fungsi mahkota adalah sebagai bagian yang paling indah dipandang dan bisa dinikmati.

Kelopak Bunga

Bagian kelopak bunga mawar (calyx) merupakan hasil modifikasi dari daun yang terletak pada bagian lingkaran bunga luar. Bagian ini biasa disebut sebagai perhiasan bunga. Lembaran yang ada pada bagian ini disebut sepal.

Fungsi dari kelopak bunga sendiri adalah sebagai pelindung dari mahkota bunga. Dimana pada prakteknya mereka menutupi bagian bunga mawar ketika masih berbentuk bunga kuncup. Namun seiring berjalannya waktu, kelopak akan semakin terbuka

Batang atau Tangkai Bunga

Fungsi batang atau tangkai pada bunga mawar adalah sebagai bagian pendukung dari tanaman bunga mawar itu sendiri. Dengan kata lain, batang memiliki fungsi sebagai penopang kehidupan tanaman ini.

Selain itu, batang juga memiliki fungsi sebagai pengangkut mineral, air dan berbagai macam zat makanan yang akan dicerna oleh daun. Batang juga bisa berfungsi sebagai alat perkembang biakan melalui proses stek pada mawar liar atau okulasi pada mawar modern.

Duri Bunga Mawar

Duri yang ada pada bunga mawar pada hakikatnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada tanaman bunga mawar yang merambat, duri ini berfungsi sebagai pengait sewaktu-waktu bunga ini memanjat tumbuhan yang ada disekitarnya.

Duri pada batang bunga mawar juga memiliki fungsi sebagai bentuk pertahanan bunga dari segala jenis hewan pemakan bunga. Sedangkan fungsi duri pada bunga mawar modern adalah sebagai aksesoris tumbuhan yang akan indah jika dipandang.

Daun pada Bunga

Daun sendiri memiliki fungsi sebagai tempat dilaksanakannya proses fotosintetis. Fotosintesis adalah proses pengolahan sari-sari zat makanan yang diambil dari tanah melalui akar dan batang hingga sampai ke daun. Proses ini juga membutuhkan bantuan sinar matahari.

Oleh karenanya, tanaman bunga mawar harus ditempatkan pada tempat yang terjangkau oleh teriknya sinar matahari. Hal ini bertujuan agar sang bunga dapat tumbuh dengan baik.

Manfaat yang Ada Pada Bunga Mawar

Tahukah anda bahwasannya tanaman semak bunga mawar ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya permintaan dari berbagai macam konsumen. Dengan adanya kebutuhan tersebut, maka muncul beberapa perusahaan-perusahaan yang mulai membudidayakan tanaman ini secara komersial.

Selain kedudukannya sebagai bunga potong atau bunga hias, mawar juga ternyata memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh manusia. Entah itu sebagai bahan baku minyak wangi dan juga sebagai bahan dasar pengobatan. Lalu apa sajakah manafaat dari bunga tersebut? Berikut ulasannya.

Menghilangkan Jerawat

Perlu anda ketahui, bahwasanya mawar sendiri mengandung cairang yang berfungsi sebagai bahan pembersih alami dan kaya akan antioksidan. Zat inilah yang akhirnya mampu melawan seluruh bakteri penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Jika anda ingin membersihkan jerawat, caranya cukup simple.

Anda hanya perlu mencuci wajah menggunakan air mawar yang sudah dicampur dengan air hangat. Lalu terapkan langkah ini secara berkala agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Merawat Kulit Secara Alami

Dengan cairan yang dimiliki oleh bunga mawar, maka keseimbangan pH kulit anda akan terjaga dengan baik. Air mawar memang terbukti dapat menyeimbangkan produksi sabun yang terkandung pada kulit.

Air ini ternyata juga bisa digunakan untuk kulit yang memiliki kada minyak berlebih, bisa juga digunakan pada kulit bertekstur kering. Selain itu air bunga mawar juga dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim.

Menjaga Kesehatan Rambut

Bunga mawar memiliki kandungan penyejuk alami yang dapat melembapkan lapisan yang pali penting pada rambut. Caranya sangatlah simple, anda hanya perlu menteskan beberapa cairan bunga lalu campurkan cairan tersebut dengan shampoo. Gunakan campuran tersebut untuk keramas.

Setelah keramas, oleskan kembali cairang bunga mawar tadi pada rambut yang masih basah. Lalu pijat lembut agar membantu proses pertumbuhan pada rambut.

Menjaga Kebersihan Vagina

Tahukah anda bahwasannya perawatan yang dilakukan oleh Spa internasional menggunakan bunga mawar sebagai bahan dasar pembersihan ‘miss v’. Cuci Miss V anda menggunakan cairang bunga yang sudag dicampur dengan air hangat.

Mengatasi Bengkak-bengkak pada Kaki

Caranya, anda hanya perlu mengambil beberapa  lembar bunga mawar lalu campurkan dengan 30gram daun sembung. Setelah itu cuci keduan bahan tersebut hingga bersih. Rebuslah dalam satu wadah berisi air 600ml lalu minum airnya secara rutin 2 hari sekali.

Mengurangi Stress

Aroma harum yang terdapat pada bunga mawar, akan memberikan efek relaksasi tersendiri pada sebagian orang. Orang-orang terdahulu ternyata sudah menggunakan bunga mawar ini sebagai salah satu obat penenang ketika mengalami cobaan dan stress. Bahkan masyarakat romawi kuno dulu menjadikan bunga mawar ini sebagai obat depresi.

Cara Menanam Bunga Mawar

Sebagian besar pecinta bunga lebih memilih menanam bunga mawar didalam pot. Hal ini dikarenakan kurangnya lahan dan tempat. Jika anda ingin menanam bunga mawar di dalam pot, maka ada beberapa terknik yang perlu anda lakukan. Penjelasannya kurang lebih sebagai berikut.

Penentuan Bibit

Yang paling utama dan haru anda persiapkan adalah bibit stek berkualitas baik. Pada kasus ini, anda sebaiknya memilih batang bagian tengah yang tidak terlalu jauh dari pangkalnya. Jangan menggunakan bagian ujung yang masih terlalu muda. Kemungkinan berhasil dari penanaman tersebut sangatlah tipis. Perlu anda ketahui bahwasannya menanam bunga mawar tidaklah mudah.

Memilih Pot

Setelah menyiapkan bibit bunga mawar yang baik, jangan lupa siapkan juga pot sebagai media penanaman. Anda bisa menggunaka pot yang terbuat dari plastik, tanah liat, semen maupun keramik. Semua tergantung selera anda.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan ukuran pot sesuai dengan ukuran bunga mawar yang akan kita tanam nanti.

Jenis Tanah

Tanah yang paling bagus cocok menanambunga mawar adalah tanah yang memliki tekstur warna hitam dan gembur. Akan lebih bagus lagi jika tanah yang digunakan adalah tanah bekas pembakaran. Setelah itu anda juga harus menyiapkan pupuk kompos.

Tapi ingat, jangan mencampur kandungan pupuk kompos terlalu banyak. Hal ini dikarenakan banyaknya pupuk dan tanah yang dipakai untuk menanam harus disesuaikan pula dengan jenis bunga mawar yang anda tanam.

Pemotongan

Stek mawar sebaiknya dilakukan pada tangkai yang sudah cukup tua dengan memotongnya pada ukuran 4 hingga 6 cm dengan menggunakan alat potong yang bersih dan tajam. Media tanam untuk penanaman buga mawar yang paling bai adalah tanah murni tanpa diberi pupuk.

Sebab, tanah yang mengandung terlalu banyak bisa menghambat proses pertumbuhan batang mawar yang sedang di stek.

Gunakan Polybag

Gunakan polybag yang memiliki ukuran seperempat kilo. Lalu isi Polybag tersebut dengan tanah untuk proses penanamannya. Selanjutnya, tancapkan stek dibagian tengahnya hingga kedalam setengah media anam.

Beri air dan jangan lupa pula untuk melubangi plastik polybagnya dengan lidi. Taruh media tanam tersebut pada tempat yang teduh dan sebaiknya jangan diberi pupuk dulu hingga sampai akhirnya akar dari tanaman tersebut tumbuh. Jika akar sudah tumbuh, maka tanaman siap dipindahkan.

Pemindahan Tanaman

Jika daun yang ada pada bunga mawar ini sudah muncul, maka ia sudah siap dipindahkan ke media tanam selanjutnya. Gunakanlah campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Pindahkan bunga mawar tadi dengan cara merobek bagian polybagnya.

Jangan sampai tanah yang di dalam polybag menjadi rusak, kemudian masukan tanah tadi ke media yang baru. Selain itu, jangan lupa unuk memperhatikan tanda-tanda bahwa bunga tersebut terkena penyakit.

Tanda-tandanya berupa bercak hitam dan karat daun yang muncul, sebab hal ini dapat menyebabkan daun bunga mawar menjadi rontok. Jenis mawar memang sangat mempengaruhi proses adaptasi pada bunga tersebut.

Untuk jenis bunga mawar merah, ia termasuk kedalam jenis bunga yang mampu beradaptasi dengan cepat. Jenis bunga mawar ini banyak di pilih karena warna dan bentuknya yang indah. Bahkan beberapa ahli pun berpendapat bahwa bunga ini adalah simbol kasih sayang.

Campuran Lain

Bahan campuran yang digunakan adalah tanah dan kompos. Tapi anda juga bisa menambahkan campuran pasit kedalamnya sebagai bahan campuran. Takarannya mungkin seperempat bagian dari ukuran tanah atau kompos.

Setelah ditancapkan kedalam pot, jangan lupa untuk menyiramnya dengan air. Tapi ingat cukup menyiramnya dengan sedikit air, jangan terlalu banyak. Setelah itu simpan tanaman itu di tempat yang sejuk.

Jenis-jenis Bunga Mawar Beserta Gambar dan Maknanya

Sebagai pecinta bunga mawar, untuk merasakan khasiatnya anda bisa membeli bunga mawar di toko-toko terdekat. Harga bunga mawar ada dalam kisaran 10rb hingga 20rb rupiah pertangkainya. Adakalanya ketika teman kita memberikan setangkai bunga mawar merah sebagai tanda kasih sayang. Akan tetapi, kita juga harus tau apa makna dari pemberian bunga tersebut.

Bunga Mawar Merah

Bunga mawar biasa diartikan sebagai ungkapan rasa cinta yang menggelora kepada sang penerima. Namun, tak jarang bunga mawar merah ini diberikan dengan arti simbol dari keberanian dan penghargaan. Seperti disaat menerima penghargaan kemenangan atau disaat acara pemakaman pahlawan sedang berlagsung.

Mawar Merah Muda

Pemberian yang satu ini diberikan sebagai simbol dari kebahagiaan. Jikalau ada seseorang yang memberikan bunga mawar merah muda kepada anda maka itu artinya ia sedang bahagia.Namun anda jangan sampai salah menentukan warna, karena bunga mawar merah muda sangat mirip dengan bunga mawar berwarna oranye.

Mawar merah muda yang memiliki tekstur warna lebih tua bisa diartikan sebagai ungakapan terimakasih sang pemberi kepada sang penerima.  Namun jika yang diberikan adalah mawar merah muda yang memiliki tekstur warna lebih muda, hal ini bisa diartikan sebagai ungkapan rasa kagum seseorang.

Mawar Peach

Untuk jenis bunga mawar yang satu ini banyak diartikan sebagai ungkapan rasa pertemanan dari seorang sahabat. Karena warna peach pada hakikatnya melambangkan suatu kehangatan dari sebuah ikatan. Jika anda memiliki seorang sahabat, maka janganlah ragu untuk memberikan bunga ini kepadanya.

Mawar Kuning

Berbeda dengan bunga mawar yan lainnya, mawar kuning ini memiliki arti ungkapan rasa kecemburuan seseorang atau biasa disebut sebagai simbol Victorian. Victorian ini adalah rasa cemburu yang tumbuh ketika hubungan kedua pasangan sedang kasmaran.

Mawar Putih

Mawar putih sendiri memiliki makna yang sangat mendalam. Pada penggunaannya, mawar ini biasa dikaitkan dengan hal-hal yang mengandung unsur kesucian, cinta damai dan kerendahan hati. Umat hindu menggunakan mawar ini pada ritual keagamaan mereka.

Mawar Oranye

Sama seperti bunga mawar putih, mawar oranye ini memiliki arti kesucian dan kemurnian. Bunga mawar oranye juga sangat sering digunakan dalam satu buket sebagai lambang cinta spiritua, persatuan, kesatuan dan awal yang baru.

Mawar Violet

Keindahan dan keunikan dari bunga mawar berwarna lavender ini melambangka suatu kesempurnaan pesona. Bunga mawar jenis ini juga sering digunakan sebagai simbol pengekspresian akan perasaan cinta yang tumbuh pada pandangan pertama.

Bunga Mawar Hitam

Jika dilihat dari maknanya, bunga mawar hitam ini memiliki arti yang sangat-sangat misterius. Ada beberapa versi mengenai arti dari pemberian bunga mawar hitam. Ada yang berpendapat bahwa bunga ini memiliki makna kematian dan berkabung. Ini menjadi salah satu alasan mengapa disetiap acara pemakaman kebanyakan orang mengenakan baju serba hitam.

Lebih hebatnya lagi, ada beberapa orang yang mengartikan bunga mawar hitam ini dengan makna yang lain. Yakni kebangkitan. Ya, mereka percaya bahwasannya bunga mawar hitam merupakan  salah satu tanda-tanda kebangkitan manusia.

Keistimewaan Bunga Mawar

Selain mengandung banyak manfaat, ternyata bunga mawar juga memiliki berbagai macam keistimewaan lain. Diantaranya:

  1. Bunga mawar sangat cocok jika dijadikan sebagai pewangi, bau yang dihasilkannya sangat harum dan menenangkan.
  2. Bunga ini juga bisa dijadikan sebagai penyejuk hati seorang wanita. Bentuknya yang indah dan kelopaknya yang halus membuat hati seluruh wanita menjadi luluh.
  3. Percaya atau tidak, bunga mawar diyakini dapat mempermudah jalan cinta seorang laki-laki.
  4. Bunga ini juga ternyata bisa dijadikan sebagai sumber warna alami, tak sedikir pelukis yang menggunakan bunga ini sebagai bahan acuan dalam melukis.
  5. Bisa dijadikan sebagai obat bahan batuk kering, campak, kekejangan dan bengkak pada betis.

Mungkin sekian beberapa penjelasan mengenai sejarah, manfaat, ciri-ciri, cara tanam dan semua yang ada pada bunga mawar. Kami harap, artikel ini dapat menjadi acuan bagi anda para pembaca yang ingin melakukan budidaya bunga mawar. Semoga bermanfat.

Reply