Bunga Anggrek: Ciri-ciri, Manfaat, Jenis Beserta Kumpulan Gambarnya

Bunga Anggrek termasuk kedalam suku Anggrek-anggrekan atau bisa disebut juga dengan famili “Orchidaceae”. Orchidaceae sendiri berasal dari bahasa yunani, “orchis” yang artinya berarti buah zakar atau Testicle. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh adanya mitos terdahulu yang selalu mengaitkan bunga ini dengan pria. Entah itu warna, hingga bentuk dan strukturnya.

Bunga anggrek juga memiliki makna simbol kesuburan dan kejantanan. Dahulu, tersebar mitos bahwasannya jika kita mengkonsumsi anggrek muda maka kemungkinan besar kita akan bisa memiliki anak laki-laki. Sebaliknya, jika kita mengkonsumsi anggrek tua maka kita akan memiliki anak perempuan.

Akan tetapi maksud menkonsumsi dalam mitos ini bukanlah mengkonsumsi bunga dalam bentuk bahan makanan. Melainkan mengkonsumsi disini memiliki arti menikmati keindahan dan keunikan yang ada pada bunga anggrek.

Bunga anggrek masuk kedalam keluarga besar kelompok tanaman berbiji tertutup atau berbunga. Istilah ini juga biasa kita kenal sebagai angiospermae. Ia juga masuk kedalam monocotyledone, yakin kelas tanaman yang memiliki biji tunggal.

Tanaman anggrek dapat hidup di dataran yang rendah, hutan rimba yang panas, gurun kering sampai dataran tinggi. Bahkan ada pula anggrek yang tetap tumbuh meski berada di habitat puncak gunung yang bersalju.

Namun, anggrek ini paling banyak ditemukan di daerah tropis. Hal ini disebabkan oleh agroklimat daerah tropis sangatlah cocok untuk kehidupan bunga anggrek.

Sejarah Bunga Anggrek

Anggrek merupakan tanaman benalu hias yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Anggrek juga ternyata sudah dikenal dari jutaan tahun silam. Akan tetapi, budidaya bunga anggrek secara luas baru diberlakukan sekitar 50 tahun yang lalu.

Selain keindahan dan keunikannya, anggrek ternyata memiliki sejarah yang unik. Ia diperkirakan telah ada sejak 120 juta tahun yang lalu. Meski memiliki umur yang sangat tua, ternyata tanaman ini tetap mampu melakukan berbagai macam adaptasi hingga akhirnya ia bisa bertahan hidup hingga sekarang.

Diantara beribu makhluk hidup yang punah selama itu, tanaman anggrek mampu terus konsisten dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Hasilnya, terdapat beribu macam spesies anggrek yang tersebar di muka bumi ini.

Di daerah iklim sedang, biasanya anggrek akan hidup di tanah dan membentuk umbi. Hal ini ia lakukan sebagai metode pertahanan ketika musim dingin berlangsung. Namun nyatanya, bunga anggrek lebih banyak ditemukan di daerah beriklim tropis atau disekitaran garis khatulistiwa.

Di daerah khatulistiwa ini, matahari akan bersinar sepanjang tahun. Selain itu suhu dan kelembapan udaranya pun rata-rata sama. Sehingga memungkinkan bunga anggrek untuk hidup dan tumbuh subur.

Ciri-ciri Bunga Anggrek

Bunga anggrek termasuk kedalam tanaman bunga yang memiliki bermacam-macam jenis. Selain itu, bunga anggrek ini juga memiliki jenis yang sangat banyak dibandingkan dengan spesies bunga yang lain.

Para pakar sepakat bahwasannya terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Akan tetapi, karena banyaknya kerusakan hutan yang terjadi. Tanaman anggrek ini banyak kehilangan jenis spesiesnya. Biasanya, spesies yang hilang ialah spesies yang belum diketahui nam dan jumlahnya secara pasti.

Tahukah anda? Bahwasannya indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki spesies tanaman anggrek terbanyak. Terdapat kurang lebih sekitar 4.000 jenis spesies anggrek yang tersebar luas di seluruh indonesia.

Terutama dibagian papua, sumatera, kalimantan dan jawa. Pulau-pulau tersebut merupakan pulau yang terkenal dimata dunia karena jumlah anggreknya yang banyak. Anggrek yang paling populer didaratan indonesia adalah “anggrek bulan” (Phalaenopsis amabilis). Anggrek bulan ini sudah diangkat sebagai “bunga nasional” dan biasa dijuluki dengan julukan “puspa pesona”.

Bunga anggrek sendiri memiliki karakterisrik sebagai berikut:

  • Ia memiliki tiga daun kelopak bunga (sepal). Salah satu diantaranya terletak pada bagian belakang atau punggung dan menghadap keatas. Kelopa ini dinamakan sebagai sepal dorsal.
  • Memiliki tiga daun mahkota bunga (petal). Letaknya pun berseling-seling dengan sepal (kelopak bunga). Salah satu dari tiga daun mahkota bunga terletak di bawah dan berbenruk seperti lidah. Bagian daun mahkota ini disebut debagai Labellum atau bibir bunga. Bagian ini juga yang membuat kesan simtetris pada bunga.
  • Putik dan benang sarinya bergabung bersama dalam satu tempat. Bagian yang ditempati biasa disebut column
  • Tepungs sarinya biasa berkumpul berasama pada bagian pollinia. Buahnya memiliki bijij yang sangat kecil dan jumlahnya banyak.
  • Tangkai bunganya bisa berkelak-kelok pada saat pertumbuhan, arah kelok-nya bergantung pada sumber cahaya.

Anggrek bulan secara resmi telah dinobatkan sebagai bunga nasional pada tanggal 5 juni 1990. Bunga ini memiliki warna putih bersih, lidahnya kuning dan terdiri dari 46-60 spesies. 22 diantaranya tumbuh secara alami di indonesia.

Akan sangat menarik jika anggrek bulan ini dibudidayakan secara masal. Baik itu dengan cara sederhana ataupun modern seperti halnya teknik kultur jaringan. Anggrek alam akan terus dilestarikan sebagai sumber plasma nutfah demi terciptanya hibrida-hibrida jenis anggrek baru.

Singapura dan Taiwan saat ini sudah merintis agribisni anggrek bulan. Dengan luas areal 3,3 hektar, Pusat anggrek Thailand yang terletak di Sei Ha Farm Enterprise mampu memproduksi 1,5 juta bibit pertahun. Bibiti ini selanjutnya akan di ekspor ke beberapa negara lain seperti Malaysia, Jepang Amerika Serikat dan negara Eropa lainnya.

Di Indonesia sendiri plasm nutfah anggrek bulan ini tumbuh subur alami di daerah sekitaran Maluku, Ambon, Sulawesi, Kalimantan, jawa dan Sumatera. Tanaman anggrek ini juga tergolong dalam jenis “epifit”. Yakni tanaman yang menempel pada pohon di alam.

Karakter pertumbuhannya ditandai dengan akarnya yang melekat pada kulit pohon. Seluruh bagian tubuh tumbuhan seperti batang, daun dan akar akan mengapung di udara. Akarnya pun terdiri dari dua jenis, akar lekat dan akar udara.

Batang anggrek bulan kadang-kadang tidak terlihat karena tertutupnya bagian bunga anggrek dengan pelepah daun. Daunnya berbentuk lanset atau bundar panjang dan berukuran antara 19-31 Centimeter. Jumlah bunga pada tangkainya pun sangat variatif, bisa 3 hingga 25 atau bahkan lebih. Tergantung dari jenis speiesnya juga.

Anggrek bulan ini memiliki beberapa ciri khas dan keunikan yang membedakan antara Anggrek Bulan dengan Tanaman Anggrek yang lainnya. Diantaranya adalah jumlah sepal dan petal daunnya yang sama yakni 3. Dan juga putik dan benang sarinya menyatu.

Penampilan sosok Anggrek bunga ini sangat unik dan mempesona. Selain karena ia memiliki Sepal, petal dan bibir bunga yang berbentuk unik, Anggrek ini juga memiliki warna yang bervariasi. Mulai dari putih bersih, merah, ungu, kekuning-kuningan hingga beberapa kombinasi warna lain.

Manfaat yang Terkandung dalam Bunga Anggrek

Di beberapa kalangan, anggrek biasa dipergunakan sebagai sombol cinta, keindahan maupun kemewahan. Dalam masyarakat yunani, bunga ini sering dijadikan sebagai sombol kejantanan. Sedangkan jka kita beralih ke masyarakat tiongkok, mereka sering menggunakan bunga anggrek ini sebagai bahan wewangian kekaisaran kuno.

Tak mau kalah dengan yang lain, negeri China memanfaatkan bunga anggrek ini sebagai obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun berbagai manfaat tanaman anggrek ialah sebagai berikut.

Sebagai Penghilang Stress

Menurut para pakar kesehatan, dengan membudidaya bunga anggrek dalam rumah sebagai tanaman hias, maka hal ini akan membantu seseorang mengurangi tingkat stress yang ia alami.

Wewangian aroma yang keluar dari dari bunga ini juga dapat memberikan efek ketenangan, kedamaian dan relaksasi terhadap pasien yang menderita stress.

Sebagai Tonik Panjang Umur

Dalam keyakinan masyakat china, bunga anggrek (khususnya jenis Dendrobium) biasanya dimanfaatkan sebagai ramuan tonik atau teh herbal yang selanjutnya dicampurkan dengan akar dai tumbuhan licorice. Efek yang akan dihasilkan oleh ramuan tersebut adalah:

  • Dapat membantu mentransmisikan energi penyembuhan ke seluruh organ tubuh manusia.
  • Bisa membantu menyehatkan dan melembapkan kulit. Selain itu bunga anggrek ini juga bisa mencegah kekeringan dan kulit bersisik.
  • Menjadi pelepas dahaga di saat polusi udara sedang marak terjadi. Asap akan menyebabkan paru-paru dan saluran udara kita menjadi terasa kering. Sehingga rasa haus akan meningkat. Dengan adanya bunga anggrek, maka dehidrasi akan teratasi.
  • Sebagai obat untuk berbagai macam penyakit seperti perut kembung, tuberkulosis, anoreksida, demam, keringat malam dan dispesia secara efektif.
  • Membantu menigkatkan kinerja fungsi ginjal, paru-paru dan perut.
  • Mengatasi berbagai macam gangguan sakit perut seperti kram serta muntah-muntah.
  • Mengobati gangguan seksual. Contohnya seperti impotensi.
  • Mengobati rasa nyeri atau sakit yang ada pada kaki dan tangan seperti asam urat dan sakit pinggang.
  • Membantu menigkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mampu melawan bakteri-bakteri infeksi.
  • Membantu mengatasi berbagai macam gangguan penglihatan seperti infeksi pada mata.

Mengatasi Gangguan Fungsi Otak dan Saraf

Cypripedium pb. Adalah salah satu dari sekian banyak spesies anggrek yang akarnya memiliki kandungan minyak atsiri, gula , tanin, pati, resin serta beberapa komponen lainnya yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan penyakit.

Penyakit yang bisa diatasi oleh bunga anggrek jenis spesies ini adalah iritabilitas pada saraf, gangguan fungsi otak, kejang, kegilaan dan delirium.

Membantu Mengobati Sakit Gigi dan Telinga

Arethusa Bulbosaadalah salah satu spesies anggrek yang mempunyai akar berkhasiat kami tubuh manusia. Akarnya memilii kandungan senyawa kimia yang mampu menyembuhkan sakit telinga beserta sakit gigi.

Menyembuhkan Demam dan Nyeri pada Sendi

Ada lagi bunga anggrek yang berkhasiat bagi kesehatan manusia. Jenis Aplestrum hyemale biasa digunakan sebagai obat untuk mengatasi nyeri dan gangguan bisul. Cairan dari daun Anggrek vanda juga biasa digunakan sebagai tapal panas untuk pengobatan nyeri sendi.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Akhir-akhir ini tanaman anggrek telah banyak ditanam dengan tujuan dapat memberi kontribusi terhadap bahan utama pembuatan produk kosmetik. Perlu anda ketahui bahwa pada hakikatnya jenis bunga anggrek ini memiliki kemampuan dalam menympan air. Sehingga menjadikan seseorang terlihat awet muda.

Bunga anggrek juga merupakan jenis tumbuhan yang terbukti mampu memperbarui sel-selnya sendiri, sehingga ia bisa hidup pada jangka waktu yang relatif lama.

Ekstrak minyak yang ada pada bunga anggrek mampu membantu membuat memanjakan kulit. Selain itu ekstrak minyak bunga anggrek juga akan membuat kulit terasa kencang. Pada akhirnya, kulit kita akan terasa lebih awet muda.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Untuk anda pecinta tanaman bunga, jika anda ingin mencoba untuk menanam bunga anggrek disekitaran pekarangan rumah, maka anda harus memperhatikan beberapa cara-cara yang tepat untuk melakukan penanaman bunga anggrek.

Daerah juga sangatlah mempengaruhi proses pertumbuhan sang bunga anggrek tersebut. Jadi, jika anda berniat ingin memulai budidaya anggrek secara besar maka pilihlah beberapa tempat yang menunjang pertumbuhan bunga anggrek secara baik.

Pada hakikatnya, proses penanaman bunga anggrek sangatlah mudah dan sederhana. Akan tetapi, prosesnya membutuhkan banyak kesabaran, ketekunan dan fokus.

Berbeda dengan tanaman lainnya, tanaman anggrek ini perlu diperhatikan pemeliharaan dan perawatannya sepanjang hari secara teratur. Hal ini bertujuan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah.

Pada prosesnya, anda perlu memilih dan menentukan bibit tanaman anggrek yang memiliki kualuitas terbaik. Bagaimana caranya? Anda bisa memilih bibit anggrek yang sudah tua atau matang, memiliki daun cukup banyak, dan memiliki umbi berwarna hijau agak kecoklatan. Jika unsur bibit anggrek tadi sudah terpenuhi maka anda bisa masuk ke tahap yang selanjutnya.

Anda juga memerlukan beberapa peralatan dan perlengkapan untuk memulai budidaya tanaman anggrek ini, diantaranya sebagai berikut.

Media Pot (bisa berupa pot tanah dan pot semen)

Sebaiknya gunakanlah pot yang masih baru. Namun,hal ini tidak menutup kemungkinan anda menggunakan pot bekas. Jikalau anda ingin menggunakan pot bekas, langkah yang harus dilakukan adalah membersihkan pot tersebut sampai benar-benar bersih.

Pot bekas biasanya dihinggapi oleh berbagai macam makhluk hidup seperti jamur, lumut dan bakteri. Besar kemungkinan pula pH pot telah berubah menjadi asam. Maka dari itu, anda harus benar-benar membersihkannya hinga bersih.

Tiang Penahan Tanaman

Lebih baik anda menggunakan kawat berdiameter 2 hingga 4 milimeter sebagai tiang penyangganya. Disamping tahan lama, kawat ini juga memiliki tekstur tubuh yang kokoh. Fungsi dari tiang tersebut ialah sebagai media penyangga tanaman agar tidak goyang sewaktu tanaman disiram atau diberi pupuk.

Dengan demikian pertumbuhan pot tidak akan terganggu. Tiang penyangga bisa dilepas ketika akar tanaman anggrek sudah menempel kuat pada media pot.

Media Tanam

Media tanam yang bisa anda gunakan ada banyak, diantaranya adalah sabut kelapa, potongan pakis dan arang kayu.

Langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika menanam anggrek di dalam pot diantaranya:

  • Pasang tiang penahan hingga dasarnya menyentuh bagian bawah pot.
  • Lalu kemudian masukan media potongan dan arang kayu. Bisa juga diagnti dengan media lain seperti sabut kelapa dan potongan pakis.
  • Lalu letakkan tanaman anggrek diatas media tanam. Atur akar anggrek agar menyebar rata. Setelah itu jangan lupa untuk mengikar batang tanaman pada tiang penyangga.
  • Langkah yang terakhir, tambahkan media tanam lagi diatas akar secukupnya. Namun perlu diingat jangan sampai batang tanaman tertimbung oleh media tersebut.
  • Catatan, jika anda menggunakan pot plastk maka anda harus mengisi dasar pot tersebut dengan pecahan bata atau genteng secukupnya. Hal ini bertujuan sebagai penyaring dan pemberat pot tersebut.

Cara Merawat Tanaman Anggrek

Apa benar tanaman anggrek bisa kita budidayakan dirumah? Banyak orang yang tidak percaya dengan hal tersebut. Melakukan penanaman anggrek bisa kita lakukan dirumah. Dengan syarat kita harus mengikuti beberapa prosedurnya seperti meletakannya diruangan yang tertutup.

Akan tetapi bukankah tanaman anggrek merupakan tanaman yang tidak bisa jauh-jauh dari sinar matahari? Jawabannya tepat, jadi meski tertutup anda harus tetap memberinya ruang untuk sinar matahari.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwasannya ada beberapa tips yang perlu anda lakukan demi mendapatkan hasil yang terbaik. Salah satu di dalam tips tersebut adalah kita bisa mengganti posisi sinar matahari tersebut dengan sinar lampu yang ada di sekitarnya.

Penempatan Tanaman Anggrek

Penempatan yang baik adalah dengan menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari. Namun, perlu anda ingat bahwa sinar matahari yang dimaksud tidak boleh terlalu panas. Pada hakikatnya tempat yang ideal adalah dimana bunga anggrek tidak terkena matahari secara langsung.

Menggunakan Lampu Ruangan

Hal ini diperuntukan untuk seseorang yang melakukan proses penanaman angrek di dalam ruangan yang tertutup. Tujuannya adalah agar tanaman anggrek tersebut tetap hangat dan tidak kekurangan suplai cahaya. Selain itu, kelembapan tanaman anggrek juga harus tetap terjaga.

Menanam Anggrek di dalam Pot yang Kecil

Apa pengaruh pot kecil terhadap tanaman anggrek? Gunanya adalah agar anggrek dapat leluasa dalam berkembang. Dengan ukuran pot yang kecil, diharapkan anggrek dapat berkembang lebih pesat.

Kaum perempuan, terutama para pecinta tanaman perlu kiranya untuk mengetahui beberapa hal ini. Mengapa demikian? Hal ini ditujukan agar anda mendapatkan rasa kepemilikan dan kepuasan yang lebih terhadap anggrek yang ditanam sendiri ketimbang membelinya di tokok kebun.

Jenis-jenis Bunga Anggrek

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bunga angrek memiliki jenis yang sangat banyak. Dan disetiap jenis bunga juga memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Di Indonesia sendiri banyak tanaman anggrek yang sudah mulai langka. Tanaman ini pun akhirnya dilindungi oleh pemertintah setempat.

Jika anda pecinta tanaman anggrek, pastinya harus tahu ada beberapa jenis yang memiliki keindahan dan keunikan yang khas. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium merupakan salah satu tanaman anggrek yang mudah proses perawatannya. Selain itu, jenis ini juga termasuk kedalam tanaman anggrek yang paling sering berbunga (mudah untuk berbunga).

Jenis anggrek ini juga mampu berbunga hingga lebih dari 2 tangkai ketika sekali berbunga. Dengan demikian anggrek ini menjadi primadona dikalangan para pecinta anggrek.

Anggrek Bulan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anggrek ini memiliki ciri utama yakni warna mahkota daunnya yang putih disertai dengan corak-corak berwarna kuning dan merah. Dengan demikian, membuat sebagian besar orang menjadi terpesona akan keindahannya. Selain itu bunga anggrek ini juga merupakan salah satu bunga yang dilindungi oleh pemerintah indonesia.

Anggrek Kantung Kolopaking

Tahukah kamu bahwasannya Anggrek Kantung Kolopaking ini termasuk kedalam jenis anggrek yang sangat langka. Tanaman ini juga merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang bisa hidup di bebatuan yang berlumut.

Bunga anggrek kantung kolopaking merupakan salah satu tanaman endemik Kalimantan Tengah. Habitatnya pun berada di ketinggian 600mdpl.

Anggrek jenis ini hanya berada di daratan Kalimantan Tengah. Ia memiliki nama latin Paphinopedilum kolopakingii ciri-cirinya adalah warna daunnya yang hijau tua dan berbentuk pita. Ujung daunnya pun bulat dan memiliki panjang sekita 19 hingga 80 centimeter.

Anggrek Tebu

Grammatophyllum speciosum biasa disebut dengan Bunga Anggrek Tebu, adalah salah satu tanaman anggrek yang memiliki postur tubuh paling besar. Jika dihitung, bunga anggrek tebu ini bisa memiliki berat hingga 1 ton dan tinggi 3 meter! Bunga ini juga memiliki ciri khas warna kuning dan bintik coklat kemerah-merahan atau kehitam-hitaman.

Anggrek Vanda

Selain kecantikan dan keindahannya yang menawan, anggrek vanda juga memilik berbagai macam variasi dan kombinasi warna. Entah itu warna yang bercorak totol-totol hingga discolour. Dapat diperkirakan bahwa kekayaan variasi warna dan bentuk anggrek ini membuat anggrek vanda diklarifikasikan menjadi 40 species. 40 species tersebut tersebar di seluruh penjuru dunia.

Demikian artikel yang membahas tentang tanaman anggrek beserta keunikannya. Kami harap, dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai tanaman anggrek itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Reply